Jumat, 20 Februari 2015

5 Teknologi Canggih untuk Rumah Masa Depan

   Sepanjang 2014 banyak penemuan teknologi yang dipersiapkan untuk 2015. Dari ponsel hingga robot dipercaya akan semakin banyak ditemui di tahun mendatang. Berikut lima temuan teknologi yang bakal ramai di 2015.



1. Robot Pintar dan Ramah


Prediksi bahwa kehadiran invovarasi robot akan merajalela di dunia sepertinya sudah santer terdengar di 2014. Sempat hadir inovasi robot oleh Microsoft bernama K5. Robot itu diciptakan sebagai penjaga satpam kampus Microsoft di California, Amerika Serikat. "Pada 2015, kita akan menyaksikan kehadiran robot yang memiliki dampak lebih bagi proses manufaktur," ujar pemimpin kelompok Interactive Robotics di kampus MIT, Jule Shah.


2. Baterai dan Koneksi Nirkabel


Para peneliti dari National Institut of Standard and Technology (NIST) sedang mengembangkan baterai yang berbasis sodium dan hidrida logam kompleks. Kabarnya, baterai tersebut dapat berbiaya lebih rendah, lebih stabil, dan lebih kuat. Perusahaan teknologi Intel kabarnya sedang merancang charger nirkabel berbasis teknologi resonansi magnetik.


3. Layar Fleksibel


Layar tipis dan fleksibel dinanti-nanti oleh para pengguna gadget. Produk LG HDTV dan Samsung Gear Fit sudah menampilkan layar melengkung yang fleksibel. Perusahaan Corning dianggap mampu menciptakan bahan Gorilla Glass yang memiliki kaca yang kuat dan fleksibel sehingga nampaknya akan terus digunakan pada perangkat mobile. Layar fleksibel ini diprediksi akan berkembang pesat pada 2015 mendatang.


4. Teknologi Nano dan Ilmu Material


Teknologi nano terasa semakin nyata karena akan diterapkan secara legal terhadap konsumsi manusia. Teknologi nano juga mendorong ilmu material, mulai dari ponsel kedap air sampai bahan pakaian pintar. Tahun depan kabarnya akan diselenggarakan sebuah konferensi di Korea Selatan khusus membahas tentang bahan pakaian pintar.


5. Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI)




Microsoft baru-baru ini menggunakan mesin untuk menganalisis percakapan pada sistem peranti lunak baru Skype Translator yang menerjemahkan pembicaraan bahasa Inggris dan Spanyol. Program komputer bernnama Eugene Groostman mengalahkan tes Turing, sebuah uji kemampuan mesin untuk menunjukan perilaku intelijensi manusia. Perkembangan AI di 2015 sepertinya akan berkembang pesat.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar